Senin, 01 September 2014

Alamat Internet

 Pengertiannya

"Dimana Anda tinggal? Alamat rumah Anda dimana? Di jalan apa dan nomor berapa?".
Pertanyaan tersebut sering diajukan dalam keseharian kita mengenai alamat, bisa alamat rumah, alamat kos, alamat kantor, dan sebagainya. Fungsinya alamat sebagai identitas lokasi tempat dimana kita bisa dihubungi, baik melalui surat-menyurat, ataupun untuk dikunjungi
Begitu pun yang terjadi di dunia Internet. Diperlukan sebuah "alamat" untuk menunjukkan keberadaan kita. Alamat di Internet, sering juga disebut sebagai Alamat Web (web address), Nama Domain (domain name), atau URL (Uniform Resource Locator).
Untuk apa sebenarnya sebuah nama web itu? Umumnya alamat web digunakan sebagai alamat situs dan alamat surat elektronik (surel atau email).

Bentuk Alamat Internet


Bagaimana bentuk penamaan di Internet? Tentu saja bentuknya tidak sama dengan bentuk penamaan alamat di dunia nyata. Di dunia nyata alamat bisa berupa: nama jalan, no.rumah, nama kota, kode pos, dsb. Atau bagi mereka yang tinggal di apartemen, bisa berupa: nama jalan, nama apartemen, no. lantai, no.ruang, nama kota, kodepos, dsb.

Berikut ini adalah contoh dari alamat internet, atau alamat web (web address):

Tiga karakter pertama, www, merupakan singkatan dari World Wide Web. Ada juga yang mengartikannya sebagai "World Wide Wave". Dalam penulisan alamat diatas (terutama untuk nama akhiran/ekstension .COM, .ORG, dan .EDU), ketiga huruf www tersebut dapat diabaikan. Jadi penulisannya bisa menjadi:
  • kompas.com
  • detik.com
  • amazon.com,
  • arbiedesign.com
  • jobstreet.com
  • jobsdb.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar